Rabu, 11 Maret 2015

KETIKA UANG MENJADI BERHALA

Di jaman dulu sekali Syekh Hasan Basri dengan lantang berkata begini: "Bagi tiap ummat ada berhala yang disembah, adapun berhalanya ummat saat ini adalah dinar dan dirham (uang)." Kutipan di atas bisa dibaca dalam kitab Al-Aadab al-Syarii'ah karya al-Maqdisi.
Ini jaman dulu lho ketika kompetisi kehidupan tidak separah saat ini, ketika para ulama masih banyak yang rajin menulis kitab dan tidak masuk dalam kancah politik praktis, ketika uang hanya d...ibagi menjadi uang halal dan uang haram belum ada pembagian uang menjadi uang asli dan uang palsu, dan ketika alam dibiarkan merdeka dengan keperawannya yang terbebas dari ketamakan manusia.
Nah, bagaimana dengan masa kini? Masihkah uang menjadi berhala? Ataukan sudah menjadi Tuhan sejati manusia?
Lihatlah kerakusan manusia akan uang. Bukan miliknya diklaim sendiri sebagai miliknya, milik orang lain ditahan-tahan atau menghalangi rezeki orang lain demi kepuasan nafsu diri sendiri, punya utang banyak tapi tidak dibayar-bayar seakan menjadi orang termiskin di dunia.
Untuk apa ini semua dilakukan, padahal tahu bahwa Allah SWT tidak pernah tidur dan lupa serta semua perbuatan akan dibalas sesuai dengan nilai perbuatannya.
Semoga Allah menjadikan kita orang-orang yang dijauhkan dari sifat serakah..aamiin
(sumber: Mozaik/ inilah.com)
Lihat Selengkapnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar